47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Skill Software Yang Wajib Dipelajari Oleh Lulusan Teknik Elektro dan Mekatronika - Masnanta

Skill Software Yang Wajib Dipelajari Oleh Lulusan Teknik Elektro dan Mekatronika

Masnanta.com - Kuliah di bidang ilmu elektro atau kelistrikan memang menarik karena peluang kerja dari lulusan jurusan ini juga sangat menjanjikan. Kalau sobat bercita-cita menjadi seorang penemu berbagai teknologi seperti robot, maka Jurusan Teknik Elektro adalah jurusan yang paling sesuai untuk sobat.

 Belum lagi di era sekarang, kebutuhan tenaga kerja dari lulusan Teknik Elektro akan terus bertambah. Semua aktivitas akan terdigitalisasi, sehingga kalau kamu merasa berbakat di bidang kelistrikan, maka Jurusan Teknik Elektro bisa kamu pertimbangkan.

Namun, perlu kamu pahami bahwa di Jurusan Teknik Elektro tidak sekedar membahas listrik saja. Selain masalah kelistrikan, Kamu juga harus belajar cara menggunakan software pendudukung ,yang dimana skill softwere menjadikan tolak ukur jika anda ingin di terima bekerja sebagai ahli engineering. Kali ini admin akan memberikan rekomendasi software yang harus di pelajari saat kuliah Teknik Elektro.

Berikut beberapa software yang wajib di pelajari pada saat perkuliah  baik Jurusan Teknik Elektro maupun jurusan Mekatronika :

1.MATLAB

masnanta.com
dalam kasus kelistrikan ,matlab digunakan untuk membuat simulasi akibat dari tegangan transformator pada satu sistem serta perubahan nilai yang terjadi, simulasi tersebut dapat dibuat dengan toolboxes pada matlab

 

2.MATLAB SIMULINK

masnanta.com
simulink adalah pelengkap bagi matlab dengan berbasis GUI,karena pelengkap maka program dari matlab bisa masuk ke simulink,sebagai informasi bahwa simulink lebih disukai oleh para insinyur karena penggunaannya  lebih mudah jika dibandingkan dengan matlab.

 

3.PSPICE

masnanta.com

PSPICE merupakan singkatan dari persobal simulation progran with intergreted circuit emphasis.Aplikasi ini  merupakan simulasi dan veritifikasi pada sinyal analog dan campuran ,simulasi dapat berjalan dengan sirkuit yang telah ditentukan orCAD Capture, secara opsional terhubung dengan matlab dan simulink

 

4.MULTISIM

masnanta.com

multisim terintegrasi pada simulasi standar industri dengan menggunakan skema interaktif secara visual dalam menganalisa aktivitas sirkuit elektronik, adanya simulasi sirkuit dan analisis desain yang kuat dapat membantu pengguna untuk mengurangi literasi PCB dan menekan biaya produksi

 

5.POWERWORLD

powerworld adalah simulasi sistem daya dengan tujuan untuk melakukan simulasi operasi sistem daya tegangan tinggi pada waktu tertentu,bisa berupa jam sampau hari,simulasi ini memiliki paket analisis aliran daya yang efektif sehingga mampu menyelesaikan 250.000 bus pada sistem.


 

6.LABVIEW

masnanta.com

labview memberikan pemograman dengan pendekatan visual untuk membantu mempelajari segala aspek mulai dari konfigurasi perangkat keras, pengukuran data dan debugging. Pendekatan visual ini memudahkan pemakai untuk mengintegrasi pengukuran perangkat keras dari berbagai macam vendor, mewakili logika kompleks pada diagram,mengembangkan algoritma serta merancan sistem interface yang mumpuni.

 

7.ETAP

Etap menawarkan rangkaian solusi sistem daya terintegrasi yang meliputi permodelan sehingga pengoprasian sistem, dimana penggunaaan Etap Banyak ditemukanpada sektor industri yang terdiri dari analisis,simulasi,kendali dan otomasi sistem kelistrikan,selain itu etap memberikan berbagai fungsi untuk membuat desain kelistrikan yang komplit.


Jadi itulah rekomendasi yang bisa admin berikan kepada sobat, jika sobat bisa menggunakan program software tersebut kemungkinan besar sobat akan mendapatkan nilai tambah dalam melamar pekerjaan yang sobat inginkan 


MGID4

MGID5