47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Cara Hemat Kuota Internet saat Belajar Online 2020 - Masnanta

Cara Hemat Kuota Internet saat Belajar Online 2020

 

masnanta.com


Masnanta.com - Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC, Streaming adalah kegiatan paling umum dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang ini. Kita semua mungkin terkena efek Work from Home bukan ?

Alhasil penggunaan kuota data internet pribadi dan keluarga semakin meningkat karena bahkan anak sekolahan sekarang ini dianjurkan untuk belajar dirumah baik itu melalui YouTube live, ZOOM, Google Meet dan masih banyak lagi platform streamer yang dapat digunakan dalam hal pendidikan ini.

Nah namun aktivitas semacam ini akan memakan banyak kuota internet dari kartu kalian, dan itulah alasan admin akan sharing sedikit terkait 5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC yang bisa kalian praktekkan agar setidaknya mengurangi beberapa persen penggunaan data internet perangkat kalian.

Nah jadi silahkan disimak 5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC dibawah ini semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

 

5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming Zoom di Android dan PC

·         Menggunakan Aplikasi Data Saving

·         Mengurangi Kualitas Video yang Di Tonton

·         Mematikan Aplikasi di Balik Layar

·         Hentikan Update Otomatis atau Pengecekan Update Otomatis

·         Bijak Memilih Platform dalam Ber-Aktivitas

 

5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC

Okay tutorial ini dapat dilakukan di PC dan juga Android jadi silahkan kalian simak dan filter mana cara yang bisa kalian lakukan dengan efektif yah.

Berikut ini adalah 5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC yang admin ketahui dan akan sharing pada artikel ini:

Menggunakan Aplikasi Data Saving

masnanta.com


Cara pertama yang dapat kalian lakukan yakni mulai memanfaatkan dari kegunaan aplikasi data saving. Untuk aplikasi data saving yang admin ketahui hanya samsung max. Samsung MAX selain menyediakan VPN Gratis untuk perangkat Smartphone Samsung kalian.

Samsung MAX adalah cara hemat kuota yang pertama karena aplikasi ini juga menyediakan layanan penghematan penggunaan data jadi kalian bisa sedikit.

Bukan hanya sampai situ saja tetapi Samsung MAX ini juga menyediakan perlindungan privasi yang bisa dibilang dapat kalian percaya kok sehingga aplikasi ini sangat aman digunakan.

Kalian bisa mencari aplikasi data saving lain, tapi setahu admin Browser Opera pada perangkat android dan PC juga terkenal sangat hemat dalam penggunaan data internet loh.

 

Mengurangi Kualitas Video yang Di Tonton


masnanta.com

Nah selanjutnya kalian bisa berhemat dengan cara menurunkan kualitas video yang kalian saksikan, apalagi jika video atau livestream yang kalian tonton tidak terlalu menampilkan hal yang penting hanya menyampaikan pesan suara yang penting.

Nah cara ini sudah menjadi cara hemat kuota internet terbaik sih menurut admin sendiri, karena semakin bagus kualitas video yang kalian saksikan maka semakin tinggi juga penggunaan data yang akan terpakai pada saat menyaksikan video atau livestream tersebut.Jadi pintar-pintar lah memilih kualitas video yang ingin kalian tonton yah guys.

 

Mematikan Aplikasi di Balik Layar

Nah jika pada perangkat kalian terinstal aplikasi semisal Steam untuk PC dan Instagram untuk Mobile, ada baiknya pada saat kalian ingin mengikuti kegiatan live stream ataupun menonton video aplikasi tersebut dimatikan saja sementara.

Kalian bisa end process pada Task Manager laptop kalian atau bisa mengosongkan RAM pada android kalian. Secara tidak langsung kedua aplikasi tersebut juga turut mengambil bandwidth yang diterima oleh perangkat kalian alhasil kalian akan lebih susah/lambat melakukan browsing dengan perangkat kalian.

Jadi jangan lupa untuk menutup sosial media kalian yang lain sebelum menonton live stream atau video lainnya yah, agar kelancaran aktivitas streaming kalian menjadi lebih laju lagi.

 

Hentikan Pengupdatetan Otomatis atau Pengecekan Update Otomatis

Kalian pasti tahu tentang Settingan update otomatis diwindows dan juga google playstore kan ? perhatikan settingan pengecekan update otomatis pada perangkat kalian.

Admin sarankan sih atur pengaturan update sistem dan aplikasi kalian menjadi manual saja agar kalian bisa lebih teliti dalam penggunaan data dan juga memori perangkat kalian, dengan memanualkan update sistem dan aplikasi adalah salah satu cara hemat kuota internet perangkat kalian.

Selain itu update otomatis beresiko membuat laptop dan juga hp kalian menjadi lemot loh, itu disebabkan karena banyaknya proses yang memakan RAM serta mengerjai prosesor yang terdapat pada perangkat kalian guys.

Oleh karena itu admin sekali lagi sarankan agar Update Sistem dan Aplikasi pada perangkat kalian diset menjadi Manual saja yah guys.

 

Bijak Memilih Platform dalam Ber-Aktivitas

 

masnanta.com

Bijak Memilih Platform yang Terbaik dalam Ber-aktivitas adalah cara hemat kuota internet yang bisa dibilang menjadi faktor paling penting dalam penghematan data kalian.

Platform ini mulai dari Browser yang kalian gunakan dan juga Situs streaming yang kalian gunakan yah guys, admin sendiri menyarankan bisa kalian ingin menyaksikan livestream diyoutube maka gunakan aplikasi YouTube saja untuk perangkat android.

Dikarenakan aplikasi YouTube android dan ios sudah dirancang untuk menyediakan User Experience yang baik dan bisa dibilang cukup hemat kuota internet kok. Untuk masalah browser pilihlah browser yang ringan dan bila mampu melakukan filter script website malah lebih bagus seperti Browser Opera yah guys.

Selain itu bila kalian ingin melakukan video conference admin sendiri menyarankan gunakan Google Meet saja karena dalam penggunaan data diuji kasus admin sendiri dibandingkan dengan Zoom dikatakan Google Meet agak sedikit lebih hemat dibandingkan Zoom nih guys.

Kalian juga bisa menggunakan platform jitsi untuk melakukan video conference atau meeting yah guys, Nah jadi itulah 5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC yang bisa kalian lakukan guna menghemat penggunaan data internet perangkat kalian.

Semoga artikel 5 Cara Hemat Kuota Internet saat Streaming di Android dan PC ini bermanfaat untuk para pembaca, Terima kasih telah berkunjung dan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

 

MGID4

MGID5