47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Cara Mudah Menghapus Akun Telegram Secara Permanen - Masnanta

Cara Mudah Menghapus Akun Telegram Secara Permanen

Menghapus akun Telegram merupakan langkah yang perlu dilakukan saat sobat ingin melakukan beberapa hal seperti memformat ulang akun atau beralih ke layanan pesan singkat lain.  

Perlu sobat ketahui, menghapus akun Telegram merupakan langkah yang tidak bisa dibatalkan. Jika setelahnya memutuskan untuk kembali ke dalam layanan itu, kamu akan menjadi pengguna yang benar-benar baru seperti awal menggunakannya.

Sama seperti saat ingin mengelola ID di dalam layanan itu, hal tersebut pun untungnya sangat mudah untuk dilakukan oleh para pengguna Telegram. Kamu bahkan tidak membutuhkan persyaratan tertentu untuk melakukannya.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri kalau kamu memang tidak akan menemukan opsi menghapus akun telegram secara langsung di dalam aplikasi seluler Telegram sehingga membutuhkan langkah-langkah berikut saat menginginkan hal tersebut.

(Ilustrasi Oleh Masnanta)

Cara Mudah Menghapus Akun Telegram 

Menggunakan Laman Web

  1. Kunjungi halaman deaktivasi akun Telegram melalui peramban (disarankan untuk menggunakan peramban non-seluler) 
  2. Masukkan nomor telepon yang kamu pakai di Telegram dengan format internasional lalu tekan tombol Next
  3. Buka aplikasi Telegram dan cari kode konfirmasi dalam pesan terbaru dari mereka 
  4. Salin kode konfirmasi yang kamu terima 
  5. Kembali ke halaman deaktivasi akun Telegram, lalu paste kode konfirmasi tersebut ke kolom Confirmation code
  6. Centang bagian Remember Me
  7. Lalu klik tombol Sign In
  8. Setelah masuk ke dalam halaman Delete Your Account?, masukkan alasan kenapa kamu ingin menghapus data pada kolom Why are you leaving? jika diperlukan
  9. Klik Delete My Account Telegram
  10. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai jika muncul halaman pop-up konfirmasi penghapusan akun

Yang penting untuk diingat, kode konfirmasi untuk menghapus akun milikmu akan dikirim melalui aplikasi Telegram itu sendiri, bukan SMS seperti kebanyakan layanan lain. Biasanya kode yang diberikan cukup rumit, sehingga kamu pun dapat memanfaatkan fitur copy-paste. 

Menggunakan Fitur Account Self-Destruction

Account Self-Destruction bertujuan untuk meringankan beban penyimpanan milik Telegram dengan menghapus akun yang sudah tidak aktif. Oleh karena itu jika kamu membuka layanan sebelum durasinya habis, pewaktu di dalam fitur akan menghitung dari awal kembali. Dengan mengikuti langkah langkah di bawah ini :

  1. Jalankan aplikasi Telegram di handphone
  2. Ketuk Menu (ikon hamburger di bagian kiri atas)
  3. Lalu masuk ke Settings
  4. Cari dan pilih menu Privacy and Security
  5. Gulir ke bawah sampai menemukan bagian Delete my account 
  6. Klik opsi If away for
  7. Pilih durasi yang diinginkan

Dukungan dari Telegram ini tentunya akan sangat pas bagi kamu yang masih ragu-ragu karena bisa kembali menggunakannya sewaktu-waktu (selama durasi Account Self-Destruction belum habis) tanpa kehilangan banyak hal seperti risiko menghapus akun.

Saat memutuskan untuk menghapus akun Telegram, kamu harus siap untuk membuang semua hal yang terkait dengannya. Termasuk di dalamnya adalah seluruh pesan, kontak, maupun grup yang diikuti.

Artinya semua histori, kontak, pesan, maupun grup sebelumnya tak akan bisa dikembalikan sehingga kamu harus memulai dari. Akun barumu bahkan akan terpisah dari riwayat obrolan lama ketika kamu mengirimi orang lain pesan.

MGID4

MGID5