47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Cara Mudah Membedakan Pasar Modal Syariah dan Konvensional - Masnanta

Cara Mudah Membedakan Pasar Modal Syariah dan Konvensional


Apa Itu Pasar Modal Syariah?

Secara garis besar, pasar modal syariah adalah pasar modal dengan menerapkan prinsip syariah di dalamnya. Yang mana prinsip syariah yang dimaksudkan merujuk pada dilarangnya aspek transaksi yang mengandung ketidakjelasan. Padahal, umumnya pasar modal bersifat spekulatif.

 

masnanta.com

Hal tersebut yang kemudian membedakan antara pasar modal konvensional dengan yang berbasis syariah. Kemudian, dalam pasar modal satu ini pun seluruh instrument produk di dalamnya harus memenuhi indikator halal. Dengan begitu, bisa menghindarkan seluruh transaksi dari transaksi yang dilarang.


Hal yang Membedakan Pasar Modal Syariah Dengan Pasar Modal Konvensional

Pada bagian sebelumnya, telah sedikit disinggung mengenai perbedaan dari pasar modal syariah dengan yang konvensional. Namun, berangkat dari hal tersebut, sebetulnya masih pula terdapat aspek lain yang membedakan keduanya. Atau dengan kata lain, sebagai ciri khas dari jenis pasar modal yang berlandaskan syariah.


Apa saja aspek-aspek yang dimaksud? Penjelasan lengkapnya terdapat di bawah ini.

1.Tidak Terdapat Saham dari Perusahaan yang Menjual Produk Haram

Berikutnya, dalam syariah stock market, seluruh sahamnya harus berasal dari perusahaan yang menjual produk halal. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang produksi produk haram, seperti alkohol, maka tidak diperkenankan. Sementara dalam pasar modal konvensional, saham bisa berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang apapun.

2.  Saham Harus Memenuhi Kriteria Syariah

Lalu, seluruh saham yang dikeluarkan oleh emiten harus telah memenuhi kriteria halal. Dengan tujuan, untuk menghindari berbagai transaksi yang diharamkan. Emiten yang akan mengeluarkan saham harus mampu memenuhi aspek-aspek saham yang halal.

3. Tidak Ada Transaksi yang Menerapkan Sistem Bunga

Komponen utama yang melingkupi pasar modal syariah selain terbebas dari undur ketidakjelasan, juga tidak mengandung mekanisme bunga. Pasalnya, bunga dinilai akan mengarah pada riba. Maka dari itu, sama sekali tidak akan dijumpai transaksi berbasis bunga di dalamnya.

4. Transaksi Tidak Boleh Dilakukan Secara Langsung

Selanjutnya, yang juga membedakan antara syariah stock market dengan yang konvensional, yakni terkait mekanisme transaksinya. Yang mana untuk menghindari adanya manipulasi harga, maka dalam pasar modal yang berbasis syariah, transaksinya tidak boleh dilaksanakan secara langsung.

 

Jadi, sekarang Anda sudah mengerti mengenai apa itu pasar modal syariah. Termasuk juga mengenai perbedaan antara pasar modal ini dengan yang konvensional. Melalui informasi yang telah dipaparkan, diharapkan bisa menjadi pertimbangan untuk Anda guna memutuskan pasar modal yang paling pas.

MGID4

MGID5