47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Cara Mudah Membuat Poster Sederhana di Powerpoint Terbaru - Masnanta

Masukkan Kata Kunci Pencarian

Cara Mudah Membuat Poster Sederhana di Powerpoint Terbaru

Cara mudah membuat poster dengan Microsoft PowerPoint. Tentu sobat sudah mengetahui fungsi utama PowerPoint yaitu untuk membuat berbagai jenis presentasi seperti presentasi tugas kelompok, bisnis, dan sebagainya. Namun jika dioptimalkan fungsinya, sebenarnya PowerPoint bisa digunakan untuk banyak hal, bukan hanya sekedar membuat presentasi.

Kabar baiknya, slide / presentasi yang ada di PowerPoint bisa disimpan dalam berbagai jenis file lain. Salah satunya disimpan dalam format gambar. Dengan begitu sebenarnya sobat bisa membuat poster menggunakan PowerPoint.

Membuat poster dengan PowerPoint bisa memudahkan pekerjaan sobat sekalian yang ingin membuat poster, namun belum bisa menggunakan software desain grafis. Pelajari caranya supaya bisa memudahkan pekerjaan sobat sekalian, misalkan sewaktu-waktu membutuhkan desain, cukup buka softwarenya dan dikerjakan sendiri.

 

Berikut langkah langkah cara membuat poster di Microsoft Powerpoint

1.    Kumpulkan Bahan Poster Yang akan digunakan

masnanta.com

Sebelum memulai desain poster PowerPoint, duduk dan cari tahu apa yang terjadi pada poster tersebut. Tuliskan rencana untuk desain dan kumpulkan semua materi dalam folder di desktop Anda - teks, bagan atau data dan foto atau grafik lainnya

.

2.    Buka Aplikasi Powerpoint

masnanta.com

Arahkan ke PowerPoint di komputer Anda lalu klik 2x untuk membukanya. Mulailah dengan template kosong. Tidak masalah versi PowerPoint mana yang Anda gunakan untuk membuat desain poster. (Di sini, saya menggunakan Ms. Office 365, tetapi langkah-lamgkah dan posisi menu masih sama persis di semua versi Ms. Office PowerPoint lainnya.)

 

3.    Atur Dimensi dan Ukuran Poster

masnanta.com

Pilih ukuran untuk desain poster Anda. desain poster PowerPoint anda dengan ukuran maksimum sesuai dengan selewa yang akan dicetak.

PowerPoint mempunyai sisi slide maximum dengan lebar & tinggi 52 inc, jadi ingat pada saat anda merencanakan seperti apa desainnya.

Ukuran poster yang umum meliputi:

a.     Poster besar bergaya film: 24 inci kali 36 inci

b.    Sedang, untuk jendela dan gantung umum: 18 inci kali 24 inci

c.     Kecil, untuk dipasang di papan reklame dll .: 11 inci kali 17 inci

d.    A4, untuk handout poster: 8,5 inci kali 11 inci

Atur dimensi di menu Desain, lalu navigasikan ke Ukuran Slide. Klik drop-down dan pilih Page Setup. (Dua opsi default adalah untuk slide presentasi di layar.)

Masukkan ukuran halaman Anda. Perhatikan bahwa sebagian besar poster menggunakan orientasi potret (lebih tinggi dari lebar). Jika slide sudah berisi beberapa konten, naikkan/tambahkan skala saat diberi opsi. Anda bisa memastikan teks cukup besar untuk ukuran baru. (Di versi PowerPoint sebelumnya, opsi atau bagian ini terletak

 

4.    Add Text (tambahkan Teks)

masnanta.com

Setelah kita mengatur tata letak, tambahkan juga semua elemen teks ke desain poster tadi.Ingatlah untuk selalu mengingat tujuan desain dan membatasi teks hanya pada yang diperlukan, seperti nama acara, waktu, tanggal, dan lokasi.

Jangan khawatir tentang penempatan. Tapi Anda dapat memikirkan font yang ingin Anda gunakan dan seberapa besar elemen teks yang seharusnya, saat Anda membuat hierarki tentang bagaimana orang harus mengikuti teks di poster.

Mengenai ukuran jenis, mulailah dengan judul 75 hingga 100 poin dan ukuran body 24 hingga 48 poin; sesuaikan sisa hierarki berdasarkan tipe Anda.

 

5.    Add Images

masnanta.com

Hadirkan gambar dan elemen desain lain yang ingin Anda gunakan ke dalam desain poster. Tarik dan lepas setiap gambar dari folder Anda ke dalam desain poster.Ini juga saat yang tepat untuk mengimpor atau membuat bagan apa pun yang mungkin ingin Anda gunakan.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan semua yang mungkin Anda sertakan secara visual dalam desain poster di layar. Saat membuat desain poster di PowerPoint, akan jauh lebih mudah untuk menggabungkan semuanya jika semua elemen ada di kanvas sehingga Anda dapat melihat apa yang harus Anda kerjakan.

Pastikan semua gambar Anda cukup besar untuk dicetak juga. Sebagai aturan umum, cari elemen gambar yang berukuran 150 dpi atau lebih tinggi pada ukuran yang akan digunakan. Gambar yang ditarik dari situs web seringkali tidak cukup besar untuk digunakan untuk elemen yang dicetak dan akan terlihat buram atau berpixsel.

 

6.     Sesuaikan Warna dan Elemen Desain

masnanta.com

Setelah semua elemen desain Anda tersedia untuk dikerjakan, buat penyesuaian agar setiap elemen berada di lokasi yang tepat. Disini kita bisa menyesuaikan warna apa saja yg kita inginkan dan ukuran serta jenis font yg kita inginkan, serta bisa kita atur posisi sesuai selera, dan warna pada kotak teks serta untuk memastikan bahwa disetiap elemen dapat mudah kita lihat dan kita pahami.

Ingatlah 1 hal bahwa dalam hal mendesain sebuah poster, jika kita ingin membuat elemen yg cukup besar untuk dibaca dari kejauhan. Hindarilah teks kecil atau elemen desain yg gambarnya kurang tajam.

 

7.    Memindahkandahkan Elemen di Kanvas Poster

sekarang kita akan Bermain dengan letak elemen pada kanvas poster dan memindahkan ke sekelilingnya agar desain poster mudah dibaca dan dipahami. Kebanyakan dari kita akan membaca sebuah poster dari atas ke bawah. Biasanya judul atau teks yg terbesar berada di posisi bagian atas dan elemen yang lebih kecil berada di posisi bagian bawah desain

.

8.    Gunakan Template Preset (Opsional)

masnanta.com

Jika Anda kekurangan elemen desain untuk poster Anda, pertimbangkan untuk menggunakan salah satu templat yang sudah ditentukan sebelumnya di PowerPoint untuk menambahkan beberapa bakat visual.

Templat tersedia di menu Desain dan menyertakan opsi warna tinggi yang sesuai dengan ukuran kanvas yang Anda pilih.

 

9.    Ekspor untuk Pencetakan

masnanta.com

Setelah desain poster PowerPoint siap, ekspor file untuk dicetak. Format yang paling umum (dan format yang diterima secara umum) adalah PDF.

Setelah menyimpan file Anda, navigasikan ke menu Acrobat (atau menu File di versi yang lebih lama) dan pilih Buat PDF. Perangkat lunak akan melakukan sisanya.

 

 

10.                       Cetak dan Distribusikan

masnanta.com

Letakkan PDF Anda didrive untuk dibawa ke printer (atau kirimkan melalui email) dan setelah desain dicetak, Anda dapat mendistribusikan poster yang dibuat di PowerPoint.

 

 

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel