47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 10 Cara Jitu Mengatasi Laptop & Komputer Lemot saat di Gunakan - Masnanta.com 2020 - Masnanta

Masukkan Kata Kunci Pencarian

10 Cara Jitu Mengatasi Laptop & Komputer Lemot saat di Gunakan - Masnanta.com 2020

Sebagai pengguna laptop maupun computer,sobat  tentunya  pernah mengalamai hal yang tidak diinginkan terjadi pada gadget anda ( laptop,computer,gawai) baik itu mengalamai hang,lagging,bluescreen dan yang paling sering yaitu kinerja laptop ataupun computer sobat melambat .

Dan seperti yang kita ketahui saat ini laptop dan PC yang beredar di pasaran terbilang memiliki performa yang cukup kencang. Apalagi ditambah dengan sistem operasi bawaaan  Windows 10 yang di ketahui bahwa kinerjanya saat  ini jauh lebih ngebut dibanding generasi windows pendahulunya.
Namun laptop atau PC yang sering  digunakan setiap hari akan membuat  performanya perlahan akan semakin menurun alias jadi lemot. Menggunakan laptop atau PC yang lemot juga lama-lama akan semakin menjengkelkan, apalagi jika sedang dikejar deadline mengalami hang bahkan bluesreen rasanya pingin nangis tapi tidak bisa .

Nah kali ini kami akan memberikan ulasan untuk kalian sebagai pengguna laptop atau PC yang menggunakan  Windows 7, 8 ataupun 10,Namun bagi  yang lemot jangan khawatir karena ada banyak cara mengatasi laptop lemot tanpa harus di instal ulang.

10 Cara Jitu Mengatasi Laptop & Komputer Lemot Saat di Gunakan 


1. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Selalu update aplikasi dan sistem operasi yang ada di laptop atau PC kalian. Karena, sistem yang selalu up-to-date tidak hanya membuat laptop kalian lebih aman tapi juga membuat performa menjai lebih cepat.nah jika sobat adalah user yang menggunakan windows 10 ,anda tidak perlu panaik karena developer selalu menglakukan pembaharuan software ketimbang windows 8 ataupun 7 yang dimana sudah tidak ada lagi pembaharuan software berkala.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kadang kita sering mengunduh aplikasi yang jarang digunakan tanpa menyadari bahwa  aplikasi tersebut memakan banyak tempat di harddisk dan membuat kinerja hardisk menjadi terlalu berat . Dan untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di laptop/pc yang telah kalian install  serta ukurannya, kalian bisa menuju  ke  Start > Control Panel > Programs > Programs and Features.

 3. Batasi Aplikasi Saat Startup

Laptop kalian kadang menjadi lemot saat dihidupkan karena beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat startup, kalian bisa buka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.

4. Bersihkan Disk

Disk Cleanup merupakan utility yang bisa membantu kalian menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti file sementara, halaman web offline, dan file installer. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start dan klik Disk Cleanup.Namun bagi yang kalian belum terlalu akan kinerja computer/laptop anda bisa menghapus filenya satu persatu di my document( local disck D,E dan F) dan jangan mengapus data di local disk C jika sobat tidak mau computer/laptop anda mengalami bluescreen dan tidak bisa masuk ke windows kembali.

5. Upgrade RAM

Lebih banyak memori akan membuat laptop kalian menjadi lebih kencang dalam beroperasi sehari-hari. Jika merasa laptop kalian sudah lemot parah, coba ganti dengan RAM berukuran lebih besar yang disesuaikan dengan kebutuhan kalian sehari-hari.Namun sobat juga harus mengetahui kapasitas maksimal  RAM yang tertera pada Laptop/Komputer yang kalian miliki dikarenakan setiap motherboard PC dan laptop memiliki kapasitas yang berbeda beda untuk mengupgrage  RAM nya.

6. Ganti ke SSD

Harddisk (HDD) biasa mungkin memang lebih murah, tapi solid-state drive (SSD) bisa membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi menjadi 3x lebih cepat ketimbang kinerja HDD.

 7. Cek Virus dan Spyware


Virus, spyware dan malware tidak hanya berbahaya untuk keamanan tapi juga bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lemot. Instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau gunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek jika laptop kalian terkena virus dan melindunginya setiap saat.Jangan menggunakan antivirus yang gratisan karena beresiko semua data anda terekam ataupun bisa di ambil alih oleh pembuat software.

8. Ganti Pengaturan Baterai

Jika kalian ingin menghemat baterai dan listrik, ini tentu bukan pilihan yang tepat tapi bisa meningkatkan performa laptop kalian dengan instan. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > Power Options. Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" dan pilih opsi High Performance.

9. Atur Grafis dan Animasi


Windows versi baru memiliki banyak animasi dan efek untuk membuat tampilan aplikasi menjadi lebih mulus. Tapi animasi dan efek grafis ini justru membuat laptop kalian menjadi lemot.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengatur atau menonaktifkannya. Cukup masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan kalian bisa memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan.

10. Gunakan Aplikasi Tune-Up

Cara lain untuk mengatasi laptop atau PC yang lemot adalah dengan menginstal aplikasi tune-up. Aplikasi ini bisa menjalankan beberapa fungsi misalnya menghapus file duplikat atau yang tidak lagi digunakan hingga melakukan defragmentasi harddisk.


Tapi kalian harus berhati-hati karena banyak aplikasi gratis yang mengklaim bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lebih cepat, tapi diam-diam mengandung malware. Jadi hanya gunakan aplikasi tune-up yang memiliki rating bagus dan terpercaya.

Jadi sekian dulu tips yang masnanta berikan untuk sobat sekalian, sampai jumpa di artike selanjutnya .....
Masnanta.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel