47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak - Masnanta - Masnanta

Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak - Masnanta

Halo sobat masnanta ,Biasanya untuk memperbaiki keyboard yang rusak sobat harus mengetahui terlebih dahulu penyebab yang membuat keyboard sobat menjadi eror, apakah tersiram air, terkena debu, dan lainnya. Namun sayangnya terkadang keyboard laptop sering error secara tiba-tiba tanpa diketahui secara pasti apa penyebabnya.

 

masnanta.com
Jika sudah begitu maka secara otomatis sobat harus mencoba beberapa langkah untuk melakukan perbaikan darurat sambil mengira-ngira apakah penyebab kerusakannya tersebut. Nah, berikut adalah beberapa langkah perbaikan darurat tersebut yang bisa sobat lakukan di rumah sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis.

Cara Mudah Untuk Mendeteksi serta Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

1. Restart Laptop

Merestart laptop merupakan langkah pertama yang wajib Sobat lakukan sebelum melakukan tindakan lainnya. Merestart laptop dapat memperbaiki ratusan masalah pada sistem operasi secara langsung. Jika tidak bisa direstart, Sobat dapat menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop tersebut mati. Jika setelah direstrat masalah masih ada, maka silahkan coba langkah-langkah berikutnya.

 

2. Periksa Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik terkadang secara tidak disengaja disebabkan oleh sobatsendiri. Salah satu yang paling umum terjadi adalah aktifnya Num Lock akibat sobatmenekan kombinasi tombol tertentu. Ketika Num Lock aktif, maka karakter yang keluar biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan.

Untuk mematikan Num Lock tersebut, silahkan tekan tombol “Fn” dan “NumLk” di keyboard secara bersamaan. Untuk beberapa jenis laptop, menekan “Capas Lock” dan “NumLk” juga dapat mematikannya. Silahkan hubungi customer support dari produsen laptop Sobat untuk mengetahui cara mematikan Num Lock jika kedua kombinasi di atas tidak berfungsi.

 Baca Juga : Cara Mudah Mengeksport Chat Telegram

3. Masalah Driver

Masalah pada driver juga dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Menurut PCMag, hal tersebut biasanya terjadi ketika Sobat menginstal software pihak ketiga, terkena virus, dan lainnya. Untuk mengeceknya, silahkan buka Device Manager kemudian lihatlah bagian keyboard.

Jika di sana terdapat tsobat segitiga berwarna kuning, maka dipastikan driver keyboard tersebut mengalami masalah. Silahkan download driver terbarunya di situs produsen laptop yang Sobat miliki. Cara ini juga dapat Sobat lakukan jika keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

 

4. Lakukan System Restore

Jika Sobat yakin bahwa keyboard tidak berfungsi dengan baik setelah menginstal suatu program, maka cobalah untuk melakukan system restore.

Caranya untuk Windows 8 dan Windows 7, buka Start Menu kemudian search “Recovery”. Sedangkan untuk Windows XP klik Start → All Programs → Accessories → System Tools, lalu pilih System Restore.

Dengan melakukan system restore ini maka laptop Sobat akan kembali pada keadaan sebelum Sobat menginstal program bermasalah tersebut. Berbagai program yang diinstal setelah menginstal program bermasalah tersebut akan secara otomatis hilang. Oleh karena itu, back up terlebih dahulu berbagai data yang penting sebelum melakukannya.

 

5. Bersihkan Debu dan Kotoran

Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan kerusakan pada laptop adalah debu dan kotoran. Debu dan kotoran tersebut biasanya terselip di antara tombol keyboard sehingga akan menutupi komponen di dalamnya. Semakin tua laptop Sobat, maka biasanya semakin banyak pula kotorannya.

Cara termudah untuk membersihkannya adalah dengan memiringkan atau membalikan laptop hingga 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Sobat juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya berupa vacuum kecil untuk menyingkirkan debu.

Jika keyboard laptop Sobat tidak berfungsi karena tersiram air, maka Sobat harus membersihkan bagian dalamnya. Copotlah tombol-tombolnya dan kemudian bersihkan papan sirkuitnya dengan menggunakan kain halus atau cotton buds yang telah diberi sedikit alkohol.

Melepaskan tombol-tombol pada keyboard memang cukup sulit dan membutuhkan keahlian tertentu. Jika Sobat belum menguasainya maka lebih baik untuk tidak melakukannya karena bisa jadi malah akan menambah kerusakan pada keyboard laptop tersebut.

 Baca Juga : Cara Mudah Membuka Blokiran Akun OME TV

6. Lepas Baterai Laptop

Apabila terdapat beberapa tombol di keyboard laptop yang tidak berfungsi, cobalah untuk melakukan reset. Dengan cara ini biasanya keyboard yang tidak berfungsi akan kembali normal seperti sedia kala. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Shut down laptop.
  • Lepaskan baterai dan kabel adapter, lalu diamkan selama 1 menit.
  • Tekan dan tahan tombol power selama 60 detik.
  • Masukan kembali baterai.
  • Hidupkan kembali laptop.


7. Konektor Terlepas

Masalah keyboard yang tidak terdeteksi biasanya dapat diatasi dengan menginstal driver. Namun jika keyboard Sobat masih belum terdeteksi, maka kemungkinan besar terdapat masalah pada konektornya, seperti rusak, tertekuk, renggang, atau bahkan bisa sampai terlepas.

Untuk membetulkannya, Sobat perlu membuka keyboard tersebut untuk menghubungkan kembali konektornya. Silahkan buka video tutorial yang banyak tersebar di YouTube untuk mengetahui cara membuka laptop Sobat. Namun jika Sobat tidak berani, maka jangan melakukannya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa langkah yang dapat Sobat lakukan untuk memperbaiki keyboard pada notebook yang rusak. Cara memperbaiki keyboard laptop di atas hanyalah sebagian dari banyak cara yang bisa dicoba tergantung dari merek laptop yang Sobat miliki. Silahkan hubungi service center jika keyboard laptop Sobat sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki. Selamat mencoba!

MGID4

MGID5