47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Cara Mudah Menghapus Cache di iPhone Semua Tipe iOS 2021 - masnanta.com - Masnanta

Cara Mudah Menghapus Cache di iPhone Semua Tipe iOS 2021 - masnanta.com

Halo sobat masnanta , Pernah tidak sobat  merasa iphone yang sobat miliki sedikit lebih lemot dari biasanya? Hal ini biasanya dikarenakan penumpukan file cache yang terlalu banyak di memori iphone kamu sehingga menyebabkan lemot ketika kamu membuka aplikasi.

Cache bisa disebut juga sebagai file sampah. Fungsi cache adalah untuk menyimpan data sementara pada aplikasi yang terinstal di iPhone. Selain itu, cache juga terdapat pada browser Safari yang notabennya merupakana browser andalan para pengguna iPhone. Dengan menghapus cache maka performa iPhone bisa bertambah lebih cepat.

Semakin banyak anda menginstal aplikasi pada iPhone maka jumlah cache yang harus dihapus semakin besar. Nantinya cache akan mengurangi ruangan penyimpanan iPhone sehingga bisa mengakibatkan performa smartphone menurun. Karena faktor inilah kita harus menghapus cache di iPhone agar performanya tetap cepat dan stabil.

Cache sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Sebab cache bisa membuat sebuah aplikasi bisa terbuka lebih cepat. Hanya saja semakin banyaknya cache yang tersimpan pada aplikasi iPhone maka semakin banyak memori yang terbuang.

Nah agar memori internal mencukupi untuk menginstal aplikasi ataupun menyimpan file lainnya maka harus menghapus cache. Untuk mengetahui bagaimana cara menghapus cache di iPhone silahkan simak informasi masnanta dibawah  ini.

 

masnanta.com

1. Menghapus Cache Safari iPhone

Pertama, kami akan memberikan tutorial cara menghapus cache pada aplikasi Safari di iPhone. Seperti yang kita ketahui bersama, Safari merupakan browser yang menjadi andalan sebagain besar pengguna iPhone. 

Semakin sering aplikasi tersebut digunakan maka cache yang tersimpan di Safari semakin besar. Oleh karena itulah perlu dihapus secara rutin. Adapun caranya silahkan simak dibawah ini.

  • Buka menu Settings yang ada di iPhone kalian
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih Safari
  • Berikutnya tap Clear History and Website Data
  • Lalu akan muncul pop-up yang bertuliskan bahwa akan menghapus history, cookies, dan browsing data pada Safari.  Kemudian tap Clear History and Data

Dengan mengikuti setiap langkah di atas maka cache yang ada di Safari akan terhapus. Namun langkah ini akan membuat anda logout dari semua website yang pernah login

2.Menghapus Cache Aplikasi iPhone

Tutorial di atas hanya menghapus cache yang ada di Safari saja. Untuk cache aplikasi lainnya harus dihapus secara manual. Caranya sangat mudah, namun kita harus menghapusnya secara manual dengan memilih satu persatu aplikasi yang akan dihapus cachenya. Nah bagi yang penasaran ingin mencoba cara menghapus cache pada aplikasi iPhone silahkan mengikuti tutorial berikut ini.

  • Buka menu Settings pada iPhone
  • Selanjutnya pilih menu General
  • Kemudian pilih menu iPhone Storage
  • Setelah masuk ke menu iPhone Storage maka akan muncul beragam aplikasi yang sudah terinstal di iPhone
  • Silahkan pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus cachenya.
  • Setelah itu akan muncul informasi memori aplikasi yang terdiri dari App Size dan Dacouments & Data
  • Nah untuk menghapus aplikasi, silahkan klik tombol Delete App
  • Kemudian akan muncul pop-up bahwa akan menghapus aplikasi. Silahkan klik Delete App.
  • Setelah itu aplikasi akan terhapus dan cache akan hilang.

Seperti yang kalian lihat di atas, untuk menghapus cache di iPhone kita harus menghapus aplikasi yang terinstal. Apabila aplikasi tersebut masih sering digunakan maka harus menginstal kembali dan cache yang sebelumnya tersimpan di aplikasi maka akan terhapus.

Selain melalui Delete App anda juga bisa klim tombol Offload App. Apabila tombol tersebut diklik maka bisa menambah memori penyimpanan, tetap tetap menyimpan docoments dan data yang ada di Aplikasi.  Jika ingin menghapus cache sepenuhnya maka wajib mendelete aplikasi.

3. Menggunakan Softwere PhoneClean

Masihada satu lagi cara menghapus cache di iPhone. Namun cara ini mengharuskan kalian menghubungkan iPhone ke komputer ataupun laptop. Dimana caranya adalah menggunakan aplikasi bernama PhoneClean. Melalui aplikasi tersebut kita bisa menghapus cache dan file sampah di iPhone secara mudah.

Aplikasi PhoneClean telah mendukung semua tipe iPhone sehingga bisa diandalkan untuk menghapus cache. Nah bagi yang ingin mencobanya, silahkan terlebih dahulu download aplikasi PhoneClean, kemudian tinggal mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  • Download aplikasi PhoneClean melalui website https://www.imobie.com
  • Silahkan instal aplikasi yang sudah didownload. Kemudian hubungkan iPhone ke komputer atau laptop menggunakan kabel data
  • Berikutnya buka aplikasi PhoneClean, lalu klik Scan
  • Setelah proses scan selesai, selanjutkan klik Clean

PhoneClean tersedia dalam versi Free Trial dan versi Pro yang memiliki fitur lebih lengkap. Silahkan anda mencoba sendiri tutorial di atas agar bisa mengetahui kehebatan aplikasi tersebut dalam menghapus cache di iPhone.

Di karenakan pada iphone tidak tersedia untuk menghapus cache aplikasi secara langsung yang berbeda dari android karena terdapat fitur untuk menghapus cache aplikasi maka dari itu cara di atas dapat kamu lakukan untuk menghapus cache di iphone

MGID4

MGID5