47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Pengalaman Menjadi Volunteer WISH FESTIVAL 2019 di YOGYAKARTA - Masnanta

Pengalaman Menjadi Volunteer WISH FESTIVAL 2019 di YOGYAKARTA


Halo Sahabat Volunteer,
            Pasti sungguh menyenangkan jika kita bisa mengabdi untuk bangsa ini, namun tidak semua orang bisa mendapatkan pengalaman seperti itu hanya segelintir orang yang bisa merasakan sebuah kesempatan emas untuk memajukan bangsa ini baik di bidang pendidikan,sastra,teknologi dan lain-lain.
Dan kali ini izinkan saya membagikan pengalaman saya sebagai volunteer World Indonesian Scholarship (WISH) Festival 2019 di Yogyakarta bertepatan di Gedung Graha Sabha ,Universitas Gadjah Mada (UGM).

Namun untuk menjadi volunteer tidaklah mudah karena kita juga harus bisa melewati beberapa tahap seleksi ,seperti seleksi berkas,membuat essay dan sesi wawancara . Mungkin sebagian orang bisa melewati seleksi berkas dan essay, namun untuk di sesi wawancara itu adalah sesi terberat kita, karena di sesi wawancara inilah nasib kita di tentukan ,namun saya sarankan anda tidak perlu risau dalam wawancara . Para pewawancara sendiri sangat menyukai para peserta yang bersifat tenang dan percaya diri untuk menjelaskan hal apa saja tentang kita, namun adakalanya pewawancara memberikan pertanyaan yang berat terhadap pesertanya yang membuat para peserta memilih secara matang tanpa ragu ragu .
            Namun janganlah terlalu melebih lebihkan pengalaman yang kita punya karena itu akan membuat para pewawancara tidak terlalu menyukai kita, jawablah pertanyaan dengan jawaban yang wajar dan singkat ,
Dan akhirnyapun saya di terima menjadi Volunteer WISH festival 2019 di Yogyakarta, dan disini saya mendapatkan bagian yang di tempatkan dalam divisi acara yang terbagi dalam beberapa macam acara namun lebih spesifiknya saya di tempatkan di Super Mentor Scholarship.
Dengan menjadi volunteer kita bisa mendapatkan pertemanan yang satu visi dan misi untuk memajukan negeri ini dari beberapa universitas yang ada di daerah regional anda.Serta kita bisa menantang dirikita sendiri untuk bisa melampaui batas diri kita masing masing yang dimana kita terjun langsung untuk menguasai panggung dengan percaya diri .
Dan di kegiatan Volunteer kita bisa melihat sifat asli dari beberapa peserta Volunteer yang dimana ada yang mau kerja dalam TIM dan ada juga yang besifat Individualis lebih ke sifat keegoisan yang dimana mereka ingin terlihat perfect di depan orang lain .
Namun kebanyakan dari Volunteer tersebut belum mempunyai pengalaman dalam hal menghandle suatu acara ,dan ada juga volunteer yang sudah terbiasa dalam beberapa kegiatan biasanya itu yang sudah terbiasa dalam berorganisasi di kampus kampus mereka masing masing .

 Beberapa persyaratan yang biasanya menjadi syarat untuk mendaftar sebagai Volunteer :
1.    Data diri (KTM/KTP)
2.    Daerah Regional ( diutamakan yang satu kota dengan kegiatan tersebut karena lebih di utamakan dari pada yang berada jauh dari tempat kegiatan tersebut )
3.    Bawalah Contoh skill yang kita miliki ( Poster,Banner ataupun template ) ini berguna bagi para peserta yang mempunyai backround design
4.    Surat keterangan Sehat ( Tergantung dari pembuat acara )

Untuk para sobat Volunteer janganlah ragu untuk mencoba hal hal baru ,cobalah keluar dari zona nyaman anda maka anda semua dapat melihat isi dunia ini dari sudut pandang yang berbeda. Lampaui batas wajar yang kalian punya .Ingat pengalaman itu sangatlah mahal karena pengalaman itu sulit untuk dicari ke timbang Teori, Namun jangan lupakan aktifitas aslimu dan sesuaikanlah jadwal yang kalian puna agar kegiatan ini tidak menjadi beban untuk kalian semuanya 😊

MGID4

MGID5