47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Biaya kuliah ITB 2019/2020 (Institut Teknlogi Bandung) terbaru - Masnanta

Masukkan Kata Kunci Pencarian

Biaya kuliah ITB 2019/2020 (Institut Teknlogi Bandung) terbaru


Biaya kuliah ITB 2019/2020 (Institut Teknlogi Bandung)

Halo semuanya pasti semua orang berkeinginan dan mempunyai cita cita untuk berkuliah dan masuk di perguruan tinggi negeri yang bergensi donk ,dan kali ini ITB adalah yang masuk kriteria yang akan kami berikan di sini yang dimana ITB adalah Universitas yang memiliki akreditasi Perguruan Tinggi Terbaik Se – Indonesia .Dan Menjadi kiblat bagi seluruh jurusan dari seluruh Universitas yang ada di Indonesia ini .
Dan untuk memasuki perguruan Tinggi ini Tidaklah mudah loh Gengz yang di mana semakin tahun persaingan akan semakin di perketat dan Biaya kuliah di ITB juga salah satu masalah yang sering di bicarang karena Biaya kuliah memang menjadi salah satu tahap administrasi yang harus di penuhi terlebih dahulu oleh semua calon mahasiswa yang setelah lolos memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian idamkan. Lebih tepatnya lagi ,biaya kuliah ini merupakan besarnya dana yang harus kamu keluarkan untuk membiayai Pendidikan yang akan kamu tempuh nantinya dan tidak sedikit siswa yang tidak dapat melanjutkan Pendidikannya kejenjang perkuliahan yang di sebabkan tingginya biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN).
Biaya kuliah ITB
1.    Biaya Kuliah ITB 2019/2020
·         Tabel Biaya kuliah jenjang Sarjana ( S1) Institut Teknlogi Bandung (ITB) untuk Fakultas,Sekolah SBM dan Non SBM

Institut Teknologi Bandung atau yang biasa lebih akrab disapa ITB merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1959. Sejarah berdirinya Institut Teknlogi Bandung (ITB) ini bermula seja awal abad kedua puluh, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Didirikannya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini dulunya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama.
Kampus utama Institut Teknologi Bandung (ITB) saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi Teknik yang pertama ada di Indonesia.Walaupun masing masing institusi Pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing masing ,dan semuanya itu memberikan pengaruh yang pesat dalam hal perkembangan yang menuju pada pendirian institute Teknologi Bandung (ITB).
Dan Hingga saat ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN). Hingga tahun 2019 dari seluruh program pergutuan tinggi dan fakultas teknik di Indonesia, sebelas program studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki akreditasi ABET. Dengan diraihnya akreditasi ABET merupakan jaminan bagi para calon mahasiswa dan orang tua untuk memilih institusi pendidikan yang berkualitas baik secara nasional maupun internasional.

Bagi kamu yang lolos SNMPTN 2019 dan diterima sebagai mahasiswa baru di Institut Teknologi Bandung (ITB), berikut ada informasi seputar biaya kuliah terbaru di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun ajaran 2019/2020 yang harus kamu bayarkan jika ingin mengenyam pendidikan disana. Sejak beberapa tahun yang lalu, biaya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sistem ini telah diterapkan Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 2013 lalu.
Perlu kamu ketahui bahwa yang dimaksud dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan suatu sistem pembayaran biaya pendidikan mahasiswa pada suatu universitas dalam satu masa studi (misalnya 4 tahun) yang nantinya pembayarannya akan dibagi rata tiap semester. Misalnya saja, jika masa studi kamu adalah 4 tahun (8 semester), maka pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini nantinya akan dibagi rata selama 8 semester tersebut.
Biasanya besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini akan disesuaikan dengan data ekonomi keluarga mahasiswa yang bersangkutan. Apabila kamu berasal dari keluarga yang menengah ke atas maka Uang Kuliah Tunggal (UKT) kamu juga akan dalam nominal yang cukup besar. Dan apabila kamu berasal dari keluarga yang berpenghasilan rendah, maka Uang Kuliah Tunggal (UKT) juga akan disesuaikan dengan penghasilan tersebut.
Hingga sekarang ini Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menerapkan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada mahasiswa yang terbagi menjadi dua bagian yakni untuk UKT Fakultas/Sekolah SBM (sekolah Bisnis dan Manajemen) dan UKT Fakultas/Sekolah non SBM (sekolah Bisnis dan Manajemen).
Sebagai informasi bagi kamu yang nantinya akan menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB), biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Fakultas/SBM (non reguler) yang akan dibebankan kepada para mahasiswa adalah sebesar Rp20.000.000/semester.
Sedangkan untuk biaya UKT Fakultas/Sekolah non SBM adalah sebesar Rp10.000.000/semester. Dengan adanya Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini, kamu tidak akan dikenakan lagi biaya uang pangkal dalam bentuk apapun karena kewajiban kamu hanyalah membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini saja.
Berikut ada tabel biaya kuliah jenjang Sarjana (S1) Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Fakultas/Sekolah SBM dan Non SBM. Biaya kuliah bagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diterima pada tahun akademik 2019/2020 mengalami kenaikan menjadi Rp 12.500.000 per semester. Perubahan ini berdasarkan Keputusan Rektor ITB No:01/SK/I1/B02/KU/2018 tanggal 2 Januari 2018.
Tabel biaya kuliah jenjang Sarjana (S1) Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Fakultas/Sekolah SBM dan Non SBM



Institut Teknologi Bandung (ITB) menyediakan subsidi untuk Biaya Kuliah ITB BPP Program Sarjana Reguler sebesar 20%, 40%, 60%, dan 100%, bagi para mahasiswa sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di ITB. Jadi bagi mahasiswa yang merasa berkeberatan dengan besaran uang kuliah atau Biaya Kuliah ITB Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) dapat mengajukan keringanan atau subsidi sesuai kemampuan ekonominya. Dengan demikian, nantinya setiap mahasiswa hanya akan dikenakan biaya pendidikan tiap semester yang besarannya berkisar antara Rp.0,- hingga Rp10.000.000.
Dan selain itu institute Teknologi Bandung ( ITB) juga akan memberikan beberapa kemudahan bagi para calon mahasiswa yang dimana tingkat kemampuan ekonomi dari orang tua mahasiswa akan menjadi patokan agar bisa menyiapkan biaya subsidi kuliah di ITB yang dimana subsidi tersebuk berisikan pembebasan UKT  .

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memberikan rincian biaya Biaya Kuliah ITB Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada seluruh calon mahasiswanya yang telah dibedakan menjadi beberapa kelompok yakni yang pertama, kelompok I sebesar Rp400.000, kelompok II sebesar Rp800.000, kelompok III sebesar Rp4.000.000, kelompok IV sebesar Rp8.000.000 dan kelompok V sebesar Rp10.000.000.
Nantinya kelompok biaya tersebut akan diberlakukan kepada seluruh calon mahasiswa Fakultas/Sekolah non SBM. Sedangkan untuk kamu yang diterima sebagai mahasiswa Fakultas/Sekolah SBM (non reguler) akan dikenaka biaya Biaya Kuliah ITB Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp20.000.000/semester.
Dan diatas adalah ulasan seputar biaya Pendidikan yang harus kamu bayarkan bagi seluruh calon mahasiswa baru di Institut Teknologi Bandung ( ITB) tahun ajaran 2019/2020.Semoga informasi diatasa dapat bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di Perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel