47D7FBBC7D171C89B87B26D5C5DEEFC6 Beberapa Tampilan Terbaru dan Terupdate di iOS 13 di Indonesia -Masnanta.com - Masnanta

Beberapa Tampilan Terbaru dan Terupdate di iOS 13 di Indonesia -Masnanta.com


Sekarang kita lanjut lagi untuk mengulik dan melihat apa yang baru di iOS 13. Ini adalah update yang bagus banget bagi pengguna iPhone, dan tanpa berlama-lama langsung aja tonton video review iOS 13 Indonesia ini.

#1 Dark Mode(Mode Gelap)


Oke langsung aja tanpa panjang lebar lagi kita ke fitur baru yang pertama, ini adalah  fitur yang paling kami  suka, yaitu adanya dark mode(mode Gelap)  di iOS 13 pada Iphone. Secara tampilan emang gak jauh beda dengan Dark Mode di berbagai hape Android ataupun smartphone saat ini, tampil gelap biasanya di gunakan biar nyaman di malam hari dan dapat menghemat baterai pada layar amoled. Tetapi secara detail fitur, ini ada yang fresh dan beda, karena selain bisa kamu aktifkan secara manual dan ada juga fitur otomatisnya. Ini membuat iPhone bisa tampil Light Mode di pagi sampai sore dan otomatis Dark Mode begitu sudah malam. Kamu juga bisa atur sendiri kapan light mode dan dark mode bakal berganti secara otomatis.
Nggak cuman itu, wallpapernya juga support Dark Mode. Jadi kalo dark mode aktif, wallpaper berubah jadi gelap, dan kalo light mode aktif, wallpapernya jadi terang.
Dark mode ini system wide..tampil di hampir semua bagian iPhone, mulai dari Settings, notifikasi, widget, Safari — termasuk juga reader view nya, serta di semua aplikasi bawaan iPhone, seperti Notes, Photos, Mail, dan yang lainnya. Ada API nya juga, jadi developer bisa membuat aplikasinya support Dark Mode di iOS — sehingga experience dark mode di iPhone ini bakal sangat sangat konsisten.

#2 Optimized Battery Charging


Kemudian yang kedua ini adalah fitur yang paling saya harapkan ada di sebuah smartphone, yaitu manajemen pengisian baterai untuk memaksimalkan umur baterai dalam jangka panjang. Jadi di iOS 13 iPhone punya fitur Optimized Battery Charging, ini bakal mempelajari aktifitas charging kita, dan membatasi charging sampai di 80%, dan baru diteruskan saat kita benar2 memerlukannya. Tujuannya supaya baterai iPhone ini lebih awet umurnya dalam jangka panjang dengan menghindari overcharge pada baterai Iphone yang kita miliki.

#3 Low Data Mode


Selain itu, ada juga fitur Low Data Mode(Penggunaan Data Rendah), yang dimana ini sangatlah berguna buat ngurangin penggunaan kuota di iPhone. Jadi kalo sisa paketan kuota yang kamu miliki sedang nipis ataupun sekarat , kamu bisa aktifkan aja fitur Low Data Mode ini.

#4 Perubahan Tampilan Pada Menu Wifi And Bluetooth

Nah yang keempat ini adalah fitur yang sempet bikin kita ngiri kalo liat gimana gampangnya milih WiFi dan Bluetooth di Android dengan tinggal tap tahan saja, sedangkan di iPhone harus masuk ke settings dulu. Sekarang ini gak lagi jadi masalah, karena di iOS 13 kamu juga tinggal tap tahan WiFi di control center, dan daftar koneksi WiFi bakal akan ditampilkan seperti pada tampilan android . Begitu juga halnya dengan tampilan  Bluetooth, kita hanya tinggal tap dan tahan aja dan daftar device bluetooth juga akan langsung  ditampilkan, jadi simple banget kan gengz.

#5 Volume Slider Baru

Selain itu volume slider yang dulu di tengah nutupin konten, sekarang dipindah ke kiri, dan dia jadi tipis gini biar gak nutupin layar — lalu bisa juga kamu slide untuk atur volume nya.

#6 Photos

yang keenam di Photos ini ada tab baru yaitu Days. Kerennya tab days ini, meskipun aslinya kita ambil foto banyak banget dan mirip2, disini bakal ditampilkan yang terbaik aja. Jadi lebih clean dan enak buat diliat.
Selain itu kamu bisa edit foto langsung dari Photos ya, bisa memaksimalkan dengan edit auto, atau edit manual mulai dari exposure nya, briliance, hightlight, shadow, contrast, brightness, dan yang lainnya. Ini lengkap banget fitur editingnya. Tapi yang paling menarik buat saya adalah fitur noise reduction, untuk ngurangin noise di foto yang kita ambil.
Fitur editing ini juga berlaku untuk video, dan editing ini bersifat non destructive, artinya kamu bisa edit-edit dan undo tanpa merusak file video aslinya. Jadi aplikasi Photos ini selain sebagai galeri, sekarang juga jadi foto dan video editor. Praktis banget.

#7 QuickPath

Kemudian di keyboard, Apple menambahkan fitur baru bernama QuickPath. Basically ini adalah swipe keyboard, jadi kamu bisa swipe swipe aja buat ngetik. Tetapi beda sama swipe keyboard di GBoard atau Google Keyboard yang udah mature karena udah cukup lama ada, QuickPath ini karena masih baru, dan masih beta juga, jadi belum support semua bahasa. Untuk sementara Bahasa Indonesia belum disupport di QuickPath — dan kita masih harus menunggu dulu ya biar fitur swipe ini bisa dipake di keyboard Apple dengan bahasa indonesia.

#8 Reminders Jadi Powerful

Dan kedelapan ini Reminders dirombak habis. Setelah di versi sebelumnya Reminder miskin banget fitur, sekarang dirombak jadi aplikasi task manager yang powerful. Jadi kamu bisa bikin List untuk mengelompokkan task. Lalu bikin task reminder, atur waktu nya langsung dari Keyboard, bisa ngasih attachment juga mulai dari foto, web, sampai dokumen, bisa nambahin notes dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bikin task dengan memerintah SIRI, dan kalo kamu tag seseorang, Reminder bakal ditampilkan saat kamu chat dengan orang tersebut di iMessages.
Setiap task dikelompokkan otomatis, mana yang harus diselesaikan hari ini — dan juga dalam waktu dekat.
Jelas ini bakal jadi aplikasi favorit saya di iOS 13 — dan mungkin langsung menggantikan aplikasi Task Manager yang selama ini saya pake dengan biaya langganan yang cukup mahal.

#9 Calendar Support Attachment


Selain reminders, calendar sekarang juga bisa add attachment langsung dari files.

#10 AR Makin Keren

AR juga dapet update, sekarang AR ini jadi lebih nyata dan real , karena bisa mendetect orang ya. Jadi walaupun ada orang dibelakang object AR, orang tersebut akan benar-benar keliatan ada di belakangn Object AR nya. Jadinya objek seolah olah nampak lebih real.

#11 App Store



Lalu di App Store, sekarang ada tab Apple Arcade, ini adalah layanan baru Apple dimana kamu bisa bayar bulanan, dan mengakses semua game yang ada disana. Lalu di Settings, sekarang kamu bisa download aplikasi berukuran besar pake Cellular Data.

#12 Mail Makin Advanced

Mail ini juga dirombak dengan berbagai fitur desktop yang diusung ke mobile. Jadi text formatting advanced ada disini, kamu bisa atur style text, alligment text, bahkan font dan warnanya. Kamu juga bisa masukkan foto, dokumen, tanda tangan, sampai scan dokumen pake kamera.
Lalu kalo kamu tap tombol reply, bakal muncul banyak opsi lain seperti move message, arcive message, mute, bahkan juga print.

#13 Notes Lebih Keren


Notes, juga ketambahan view baru. Jadi kalo kamu tarik kebawah, ada Gallery View. Ini view favorit saya, karena gampang banget buat di explore, keliatan preview nya, dan tinggal scroll-scroll aja. Terus kamu juga bisa share folder dengan orang lain, lalu bisa juga drag n drop check list, atur indent juga tinggal swipe.

#14 Safari Makin Keren

Safari, juga gak ketinggalan akan fitur barunya. Start Page nya ini, sekarang ada Favorites dan Frequently Visited. Lalu ini juga keren, sekarang ada menu download manager pada Safari iOS, ini kayak yang ada Pada seri Mac. Jadi sekarang  kamu bisa lihat proses download dan buka file hasil download dalam satu folder. Defaultnya juga tersimpan di folder download iCloud Drive, tetapi kamu juga bisa atur untuk disimpan lokal di iPhone.

Kamu juga bisa langsung add bookmarks untuk semua tab yang terbuka, dan kalo kamu tap share di halaman website, ini ada banyak sekali opsi share yang bisa kamu pilih.

#15 Files Makin Powerful

Lanjut ke Files, sekarang Files ini jadi lebih powerful. Pertama kamu bisa bikin folder di local storage iPhone, lalu ada folder Download — semua file yang didownload ngumpul disini, lalu kamu bisa zip file, dan scan dokumen. Pencarian file juga cepet banget, dan katanya sih Files ini udah bisa dipake buat explore flash drive, SD card, dan hard drive eksternal — cuman saya belum nyoba ya, karena belum punya port


MGID4

MGID5